Sabtu, 13 Oktober 2012

TELEMATIKA

I. 1. Definisi Telematika

Di dalam bahasa Indonesia dikenal dengan Telematika. Kata istilah Telematika berasal dari istilah dalam bahasa Perancis yaitu TELEMATIQUE yang merujuk pada bertemunya sistem jaringan komunikasi dengan teknologi informasi. Istilah telematika merujuk pada hakekat cyberspace sebagai suatu sistem elektronik yang lahir dari perkembangan dan konvergensi telekomunikasi media dan informatika.

Untuk penjelasan, Telematika dapat diartikan dengan singkat yaitu, tele (telekomunikasi), ma (multimedia), dan tika (informatika). Jadi, jika kita gabung akan menjadi telekomunikasi, multimedia dan informatika. Secara umum telematika merupakan bertemunya sistem jaringan komunikasi dengan teknologi informasi.

I. 2. Perkembangan Telematika

Untuk di Indonesia, perkembangan telematika mengalami tiga periode berdasarkan fenomena yang terjadi di masyarakat. Pertama adalah periode rintisan yang berlangsung akhir tahun 1970 an sampai dengan tahun 10980 an. Periode kedua disebut pengenalan, rentang waktunya adalah tahun 1990 an, dan yang terakhir adalah periode aplikasi. Periode ketiga ini dimulai pada tahun 2000.

Bangsa Indonesia berusaha untuk tidak tertinggal dengan bangsa lain menyangkut telematika. Dengan dirintis oleh beberapa orang yang berdedikasi pada dun ia akademis, pengenalan dunia telematika mulai dilakukan seiring berkembangnya situasi politik dan ekonomi.

Dukungan politik pemerintah dengan berbagai kebijakannya, lebih menggairahkan telematika di Indonesia, dan tentunya industri, serta pengaruh luar negeri mengambil peranan penting disamping ketertarikan masyarakat yang membutuhkannya.

Perkembangan telematika di Indonesia mengalami peningkatan, sejalan dengan inovasi teknologi yang terjadi. Prospek ke masa depan, telematika di Indonesia pun memiliki potensi yang tinggi, baik itu untuk kemajuan bangsa, maupun pemberdayaan sumber daya manusianya.

Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa telematika merupakan teknologi komunikasi jarak jauh, yang menyampaikan informasi satu arah maupun timbal balik dengan sistem digital.

I. 3. Teknologi Yang Digunakan Dalam Telematika

Fitur - fitur yang terdapat pada antarmuka pengguna Telematika :

1. Head Up Display System
Head Up Display (HUD) adalah suatu tampilan yang transparan dimana dia menampilkan data tanpa mengharuskan si user untuk melihat ke arah yang lain dari sudut pandang biasanya.

2. Tangible User Interface
Tangible User Interface (TUI) merupakan suatu antarmuka yang memungkinkan seseorang bisa berinteraksi dengan suatu informasi digital lewat lingkungan fisik.


3. Computer Vision
Computer vision yaitu suatu ilmu pengetahuan dan teknologi dari mesin yang melihat.

4. Browsing Audio Data
Browsing Audio Data merupakan metode browsing jaringan yang digunakan untuk browsing video/audio data yang ditangkap oleh sebuah IP kamera.

5. Speech Recognition
Speech Recognition ini dipakai untuk mengubah suara menjadi tulisan, dengan pengenal suara otomatis (automatic speech recognition) atau pengenal suara komputer (computer speech recognition) dengan sistem tadi komputer dapat mendeteksi sebuah suara yang mana dari suara tadi akan diubah menjadi tulisan.


6. Speech Synthesis
Speech Synthesis adalah hasil dari kecerdasan buatan dari pembicaraan yang dilakukan oleh manusia.


II. Harapan Kedepan Dengan Adanya Telematika

Perkembangan Telematika yang semakin canggih membuat mudah dalam pencarian informasi yang dibutuhkan. Harapan kedepannya dengan adanya Telematika yaitu, Telematika harus terus berkembang lagiagar dapat memudahkan masyarakat (user) dalam menjalankan segala aktivitasnya seiring dengan perkembangan teknologi di Indonesia.




Sumber : http://bahasapersatuan.wordpress.com/2010/11/10/teknologi-yang-terkait-antarmuka-telematika/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar